Simulasi Mengenal Pahlawan

{[['']]}




Pendahuluan :
Generasi muda saat in lebih banyak hapal pahlawan yang di film-film dari pada mengenali sejarah kepahlawanan bangsa Indonesianya sendiri. Sehingga banyak yang tidak tahu bahwa negara ini bisa berdiri di awali dengan perjuangan yang gigih untuk mengusir penjajah guna mencapai Kemerdekaan Indonesia.
Gerakan Pramuka sebagai bagian dari lembaga pendidikan nasional  sudah melakukan cara pengenalan para pahlawan dalam kegiatan kegiatannya, sedangkan di tingkat penegak sudah dijadikan nama satuan ambalan yang mengambil nama pahlawan.
Suatu hari kami melihat kegiatan Lomba Siaga yang ada di tingkat ranting maupun cabang, kegiatan pengenalan pahlawan bangsa dilakukan dengan melihat gambat tokoh pahlawan dan kemudian memasangkan nama tokoh yang bersangkutan. Paling tidak, ada usaha bagaimana Pramuka Siaga ini mengenali dan tahu gambarnya tokoh Pahlawan.
Menyaksikan hal ini, malah bikin penasaran. Mereka. Generasi muda mengenal pahlawan di film-film karena kehebatannya dalam membela kebenaran, mengapa sejak mereka usia belia, kita tidak lakukan dan bercerita tentang kehebatan dan kepahlawanan bangsa Indonesia yang lebih gigih dan mengorbankan harta erta nyawa mereka.
Maka salah satu jalan keluarnya dibikinlah media Simulasi Seri Pahlawan ini, agar para Pramuka Siaga lebih dini mengenal dan mengetahui perjuangan dan kepahlawanan bangsa Indonesia sehingga mencapai Negara Indonesia yang merdeka.
Berikut media simulasi ini :

Cara main :
1.    Peserta teridri 10 anak ;
2.    Siaga bergiliran maju untuk menjawab ( teks Box muncul secara acak )
3.    Siaga membaca teks dalam box ;
4.    Siaga pilih gambar tokoh pahlawan sesuai teks box sebagai jawaban ;
dengan cara,  gambar tokoh di ‘Klik’ ( memencet tombol mouse )
5.    Apabila sudah benar, maka telah disimpan point benar. Hasil akhir dapat dilihat jika semua gambar pahlawan sudah dipilih ( di Klik )
6.    Waktu : menyesuaikan.
7.    Tutor/ Pembina  membantu peserta menyelesaikan tugasnya bila mendapatkan kesulitan.
8.    Pada Akhir permainan Tutor/ Pembina  memberikan kesimpulan tentang permainan simulasi ini.

Perlengkapan yang disiapkan :
1. LCD.
2. PC/ laptop.
3. Pedoman Simulasi Tutor/ Pendamping.

Media simulasi ini juga dapat diterpkan pada Pramuka Penggalang yang masih duduk di bangku belajar sekolah Dasar ( SD ).
Selamat berlatih, kenali dan ingatlah akan jasa para Pahlawan.
 
Share this game :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014. Game Pramuka - All Rights Reserved
www.pramukanet.org- media net pramuka
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger